Foto bersama mang Hadi (dokumen pribadi)

Selasa (7/3/2023) kemarin saya bertemu dengan mang Hadi di Kampung Calobak Tamansari Kabupaten Bogor. Senang sekali bisa bertemu lagi dengan beliau setelah belasan tahun tidak berjumpa. Seingat saya pertama kali bertemu dengan beliau tahun 1997-an saat itu saya masih berstatus mahasiswa tingkat 2 di salah satu kampus di Bogor, mang Hadi pun saat itu baru memiliki anak perempuan kelas 6 sekolah dasar. Ada yang unik dari diri mang Hadi yaitu rambut beliau masih menghitam sejak 1997 sampai sekarang. Ketika saya tanya, saat ini berapa umur mang Hadi? beliau menjawab sekitar 60-an tahun. Salut euy buat mang Hadi yang bisa merawat rambutnya hingga tetap menghitam di usianya saat ini.

Cerita rambut mang Hadi yang lebat dan hitam sudah saya dengar sejak tahun 1997-an dan salah satu tips yang beliau lakukan adalah melumuri rambutnya dengan air parutan nanas masak, lalu membiarkan rambutnya mengering beberapa jam sebelum dibilas. Caranya ambil nanas yang sudah masak/matang, kupas bersih, lalu diparut, ambil air perasannya basahi rambut dan kulit kepala dengan air perasan tersebut. Meskipun agak terlambat mengikuti jejak mang Hadi, saya tetap melakukan aksi basuh rambut dengan nanas, dan menurut saya hasilnya cukup memuaskan, rambut jadi kaku dan kelihatan hitam mengkilap.

Ada satu komentar mang Hadi yang membuat saya berbunga-bunga, katanya rambut saya masih tetap hitam. Lha, saya kan memang ikut tips mang Hadi sejak beberapa tahun lalu, hasilnya ya sekarang ini he..he.. Saran dari mang Hadi adalah gunakan nanas untuk rambut sedini mungkin jangan nunggu uban bertaburan. Bagi Anda yang ingin mencoba tips dari mang Hadi monggo dilaksanakan secara rutin, misalnya seminggu 2x, kalau saran saya sih enaknya pakai nanas ini ketika hari libur, jadi air nanas yang nempel di kulit kepala dan rambut bisa berlangsung lama.