jump to navigation

KURANG BERSYUKUR Oktober 25, 2010

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

Ide tulisan ini muncul begitu saja ketika saya berbicara via telepon dengan salah satu teman PNS di Kementerian Pertanian di Jakarta. Mas Budi sebut saja begitu nama samaran teman saya itu mengeluhkan banyaknya teman-teman PNS angkatan saya (tahun 2008) yang melakukan mutasi kerja. Mutasi kerja atau pindah kerja dari satu unit ke unit lainnya memang sah-sah saja. Permasalahan yang muncul adalah mereka yang mutasi rata-rata ditempatkan di luar Jawa dan meminta pindah kerja ke pulau Jawa.

Sebagai contoh kasus PNS angkatan 2008 yang diangkat Kementerian Pertanian berjumlah sekitar 402 orang termasuk saya. Jumlah pelamar saat itu sekitar 32.000 orang, itu artinya yang lulus hanya sekitar 1,34% saja. Nah 402 orang PNS inilah yang didistribusikan ke seluruh unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pertanian di 33 provinsi. Jumlah SDM di luar Jawa memang sangat kurang, wajar jika Kementerian Pertanian berusaha untuk menutup kekurangan tersebut dengan jalan menempatkan PNS-PNS baru ke luar Jawa.

Tapi apa lacur, ada yang belum genap 1 tahun bekerja udah minta pindah dengan berbagai macam alasan: jauh dari suami/istri, ingin pulang kampung halaman, tidak betah di pedalaman, dan masih banyak lagi alasan. Wal hasil lagi-lagi UPT di luar Jawa kekurangan SDM. Tahun ke-2 lebih banyak lagi yang minta pindah dengan alasan yang lain lagi: udah ada CPNS baru di kantornya, kalaupun pindah ke Jawa toh udah ada penggantinya.

Menanggapi masalah ini Mas Budi cuma bilang: kurangnya rasa syukur yang ada pada diri PNS tersebut. Harusnya mereka mensyukuri nikmat jadi PNS dengan jalan bekerja dengan baik, legowo dengan penempatan saat ini. Kalau ditanyakan kepada 402 orang apakah mereka mau pindah? tentu sebagian besar menjawab mau, termasuk saya. Saya tentu juga mau pindah dari Kalimantan Selatan ke pulau Jawa tepatnya di Kota Bogor. Nah buat temen-teman PNS 2008 yang senasib dan sepenanggungan, pikir-pikir lagi deh kalau mau mutasi/pindah kerja. Lebih baik bekerja sebaik-baiknya di UPT kita saat ini daripada berpikir untuk pindah ke UPT lain.

Komentar»

1. yeli - Oktober 26, 2010

laik this posting…
menurut cerita senior di kantorku, cpns th 2010 ada yang sudah datang ke litbang mengurus pindah padahal belum datang ke upt dimana ia ditempatkan.ironis memang. karena alasan itulah mungkin maka tahun seleksi cpns tahun ini deptan sudah memakai sistem wilayah..

ditunggu selalu tulisan-tulisannya pak..
selamat berkarya di borneo island

adijaya - November 1, 2010

eh sya kaget lho… sya cuma iseng nulis di blog dan gak nyangka klo bakalan ada yg ngasih komen.
iya mba yeli angkatan kita (angkatan 2008) mungkin angkatan yg paling banyak angka mutasinya. sya punya data tmn2 angkatan kita yg 402 orang dari empat tempat prajab (medan, yogyakarta, makassar dan bogor/ciawi), beberapa yg sempat saya hub. baik lewat telp, email or chating ternyata udah pada pindah ke pulau jawa. katanya gak betah di luar jawa… duh aneh juga sih padahal mereka pernah menandatangani surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

ok mba, sekali lagi terima kasih masukannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: