jump to navigation

Teknologi Informasi Januari 21, 2010

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

KELAKUAN ANEH PARA FACEBOOKER

Facebook atau FB adalah salah satu situs jejaring sosial yang anggotanya paling banyak saat ini, di Indonesia saja menurut keterangan salah seorang praktisi IT lebih dari 25 juta orang aktif sebagai anggota Facebook. Para Facebooker (sebutan orang yang menjadi anggota situs Facebook) lebih dimanjakan lagi karena untuk merubah statusnya bisa dilakukan lewat telepon seluler. Jadi ber-FB ria lewat ponsel sudah menjadi hal yang lumrah dan mengasyikan.

Namun setelah mengamati perilaku orang-orang yang aktif di Facebook memang ada yang sedikit janggal, sebagai contoh kasus ada teman-teman saya di Facebook yang komentarnya selalu sinis dan benci (sedikit dibumbui kata-kata kasar) kepada rekan-rekan kerjanya. Dia merasa teman-temannya di kantor berperilaku korup dan hanya memanfaatkan tenaganya. Setidaknya itulah yang saya tangkap dari pernyataan-pernyataannya di Facebook.

Ada juga seorang teman wanita yang baru saja melangsungkan pernikahannya tanpa malu-malu menceritakan bulan madu dengan suaminya. Dia mengabarkan apa saja yang sedang dilakukannya bersama suami melalui status Facebook. Tidak sampai di situ, dia juga menempelkan foto-foto mesra berduaan dengan suaminya di dinding Facebook.

Kasus yang lain yang saya temui adalah dia selalu menumpahkan keluh kesahnya di Facebook, seolah-olah tiada hari tanpa keluh kesah. Kesan saya ketika membaca statusnya adalah dia seorang yang mudah putus asa dan banyak masalah.

Ibarat pisau bermata dua, satu sisi banyak manfaat yang diperoleh dari situs jejaring sosial ini, di sisi lain juga dapat mencelakakan. Semoga kita bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: