jump to navigation

RAHASIA SUBUH November 18, 2009

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

Sebagian besar orang mampu datang ke tempat pekerjaan tepat waktu, namun jarang sekali yang bisa bangun sebelum adzan subuh. Kebanyakan di antara kita mungkin sudah terbiasa sholat subuh kesiangan. Lalu apa sih keistimewaan subuh? mengapa umat Islam khususnya diwajibkan untuk sholat subuh berjama’ah di mesjid (khusus laki-laki).

Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW pernah menerangkan keutamaan waktu subuh. Barang siapa yang sholat isya berjamaah di mesjid maka pahalanya seperti orang yang sholat selama setengah malam, dan barang siapa yang sholat subuh berjama’ah di mesjid maka pahalanya seperti orang yang melakukan sholat sepanjang malam, begitu kira-kira keterangan dari Rasulullah SAW.

Dari tinjauan ilmu kesehatan bangun sebelum subuh sangat bermanfaat bagi kesehatan. Udara subuh tentu udara yang paling baik, karena saat itu belum ada polusi dari asap kendaraan maupun asap pabrik (kecuali rumah Anda dekat dengan peternakan).

Sesekali cobalah Anda datang berbelanja ke pasar tradisional di saat sebelum atau setelah subuh, biasanya harganya lebih miring dan dapat memilih produk yang terbaik.

Nah ngomong-ngomong soal keutamaan subuh saya juga punya cerita menarik. Sehari sebelumnya saya datang menukarkan uang pecahan ke nominal yang lebih kecil ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dekat kantor saya. Namun karena saat itu SPBU dalam keadaan ramai oleh kendaraan yang akan mengisi bahan bakar, saya tidak begitu dilayani oleh petugasnya. Walhasil uang sebesar lebih kurang Rp 1 juta belum dapat dipecah. Akhirnya saya datang lagi keesokan harinya tepat setelah selesai sholat subuh. Maka keajaiban itu pun datang, petugas SPBU shift malam yang hanya 2 orang melayani saya dengan ramah, maklum saat itu masih sangat sepi kendaraan yang mengisi bahan bakar, ditambah lagi omset penjualan selama mereka bertugas belum disetor ke kantor. Akhirnya saya pulang ke rumah dengan senang.

Jadi, bangun sebelum subuh itu baik.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: