jump to navigation

BUDAYA TERLAMBAT Oktober 23, 2009

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

Terima kasih petani Indonesia

CATATAN PERJALAN KE DEPTAN JAKARTA

Senin pagi 19 Oktober 2009 pukul 07.22 WIB mobil taksi yang saya naiki berhenti di area parkir gedung D Kanpus Departemen Pertanian Jakarta. Saya langsung menuju loby untuk menurunkan beberapa dokumen yang saya bawa dari kantor. Dokumen yang saya bawa cukup banyak (5 kardus ukuran sedang) sehingga perlu beberapa menit untuk memindahkan dokumen-dokumen tersebut.

Tepat pukul 07.33 saya masuk lift menuju Pusat Pembiayaan Departemen Pertanian Lt 8, nah yang menarik adalah ada pejabat eselon I (Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian Deptan) di lift yang saya naiki. Ya dialah Pak Ato pejabat eselon I yang dimaksud. Kalau tidak salah di dalam lift tersebut hanya ada saya, Pak Ato dan seorang petugas kebersihan. Saya sempat berbincang-bincang sebentar karena ternyata beliau menuju lantai 6.

Dalam hati saya berkata, wajar saja saat ini dia menjadi pejabat eselon I karena ternyata memang disiplin dan tepat waktu. Dia datang lebih awal daripada bawahannya. Padahal saat itu suasana kantor masih sangat sepi, yang ada hanya beberapa petugas kebersihan yang sibuk bekerja. Sesampainya di Lt 8 saya lebih kaget lagi karena ternyata belum ada karyawan yang nongol, akhirnya saya dilayani oleh petugas kebersihan yang berseragam putih kehijauan.

Benarlah apa yang dikatakan Pak Winarhadi (Kepala Biro Kepegawaian Deptan) beberapa waktu yang lalu ketika beliau mengadakan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan. Ujarnya pukul 8 kantor Deptan masih sepi, pukul 9 mulai ramai, pukul 10 benar-benar ramai. Lalu apakah budaya seperti ini yang akan dilanjutkan oleh kebanyakan para PNS Kanpus Departemen Pertanian Jakarta. Padahal kami-kami yang di UPT daerah selalu tepat waktu ketika masuk kantor. Contohnya saja di kantor saya di BPTP Kalimantan Selatan jam masuk kantor adalah pukul 07.30 dan keluar pukul 16.00.

Mudah-mudahan ada perbaikan seiring dengan pergantian menteri baru di Departemen Pertanian. Selamat jalan buat Pak Anton dan selamat datang buat Pak Suswono. PR besar menanti di pundak menteri yang baru untuk menjadikan Deptan menjadi departemen terbaik di negeri ini, semoga.

Komentar»

1. soulharmony - November 17, 2009

saya undang anda untuk bergabung dengan komunitas blogger kalsel, dan bersama-sama kita wujukan KalSel sebagai kota blogger. Ikuti Kopdar/kumpul Blogger hari Minggu tanggal 29 Nopember jam 3 siang di Bjm. Info lengkap contact saya di 085251534313 / 0511-7718393

salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: