jump to navigation

Keajaiban Hidup Agustus 10, 2009

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

Reunian Prajab

Reunian Prajab


10 HAL YANG HARUS DILIPATGANDAKAN DALAM HIDUP INI AGAR KINERJA KITA SEBAGAI PNS DEPTAN MENINGKAT

1. Keyakinan

Keyakinan kita harus lebih besar dari masalah yang kita hadapi. Mengapa orang sering ragu dan lemah serta tidak dapat menyelesaikan suatu permasalahan? Salah satu sebabnya adalah karena lemahnya keyakinan. Sebaliknya jika keyakinan kita kuat maka akan mudah menyelesaikan berbagai persoalan baik di kantor maupun di rumah. Yakinlah kita bisa menjadi PNS Deptan yang bersih, peduli dan profesioal (sesuai amanat Mentan pada saat penyerahan SK CPNS secara simbolis untuk CPNS seleksi umum di Jakarta tanggal 24 Juni 2008).

2. Ilmu Pengetahuan/Wawasan

Pernahkah Anda mengalami suatu keadaan bingung, ragu dan tidak tahu apa yang harus dikerjakan? Itu merupakan salah satu tanda bahwa pengetahuan/wawasan kita masih kurang. Oleh karena itu untuk menghadapi permasalahan yang semakin komplek diperlukan tambahan ilmu pengetahuan, dan hal itu bisa dicapai baik melalui pendidikan formal (S2, S3 dst) maupun pendidikan nonformal (seminar, pelatihan, dst).

3. Keahlian (Skill dan Pengalaman Bekerja)

Keahlian atau keterampilan tidak datang dengan tiba-tiba dan tidak bisa didapatkan secara instan. Keterampilan harus diasah dan dilatih berulang kali. Keterampilan dan keahlian akan berkembang jika ditekuni berulang-ulang. Contoh kasus: Saya pernah bekerja sebagai juru ketik (typist) selama 5 tahun pada sebuah perusahaan swasta di Jakarta, walhasil sekarang saya mampu mengetik dengan sepuluh jari tanpa melihat keyboard lebih cepat dari kebanyakan orang J.

4. Moral dan Mental yang Unggul

Mengapa sampai saat ini masih banyak PNS yang koruspi? Apakah karena latar belakang pendidikan yang rendah? Tidak, bahkan mereka yang melakukan tindakan korupsi bukanlah orang bodoh, pendidikan mereka juga cukup tinggi (S1, S2 dst). Lalu apa yang yang salah? Ternyata moral dan mental mereka bobrok alias bejat. Oleh karenanya mari tingkatkan moral dan mental agar kinerja meningkat dan jauh dari perbuatan tercela seperti korupsi.

5. Energi

Energi yang dimaksud di sini adalah energi fisik dan energi rohani/spiritual. Energi fisik dapat ditingkatkan melalui olahraga (salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan Senam Nusantara J). Energi rohani dapat ditingkatkan dengan selalu beribadah dan taat kepada Allah SWT. Ingatlah apa-apa yang kita kerjakan di kantor, perbuatan baik maupun jahat akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT.

Bersambung….

Disarikan dari Training Motivasi ”Mengubah yang Tidak Mungkin Jadi Mungkin” Ahad 9 Agustus 2009 di Banjarbaru oleh: Ahmad Arqom (trainer TRUSTCO Surabaya).

tulisan ini juga dapt diakses di https://jumena.wordpress.com

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: