jump to navigation

PELATIHAN PEMANDU LAPANG III SL-PTT KABUPATEN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN Agustus 3, 2009

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

Berlatih menjadi Pembicara

Berlatih menjadi Pembicara


Bertempat di Operation Room Kantor Bupati Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pemandu Lapang III Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya Terpadu (PL III SL-PTT) Padi di Kabupaten Kotabaru. Acara berlangsung 3 hari dari tanggal 31 Juli s/d 2 Agustus 2009 dan diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru. Peserta pelatihan terdiri atas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Pengamat Hama dan Penyakit (PHP) dan perwakilan ketua gabungan kelompok tani (gapoktan) pelaksana kegiatan SL-PTT Padi.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru Ir. H. Zuhairil Anwar, M.Si. Pada acara pembukaan tersebut kepala dinas menyampaikan makalah yang berjudul Kebijakan Peningkatan Produksi Padi Kabupaten Kotabaru Tahun 2009. Makalah berikutnya disampaikan oleh Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru Widodo, SP, makalah berjudul Strategi dan Upaya Pencapaian Produksi Padi Tahun 2009.

Hari kedua pelaksanaan pelatihan diisi oleh narasumber dari Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Selatan dan Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Kalimantan Selatan. Para narasumber tersebut adalah Sugian Suryadi (Distan Prov), Zainal Ilmi (Bakorluh Prov) dan Yanuar Pribadi (BPTP Kalimantan Selatan). Materi yang disampaikan adalah: Pemahaan dan Implementasi SL-PTT, Filosofi/Prinsip Dasar Metodologi Pelatihan, Budidaya Sehat Tanaman Padi dan materi keempat adalah Kajian Kebutuhan dan Peluang (KKP) pada SL-PTT.

Hari terakhir pelatihan adalah praktek dan kunjungan lapangan. Lokasi praktek di Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru. Peserta praktek KKP dan Pengamatan Agroekosistem dilanjutkan dengan diskusi dan dinamika kelompok.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: