jump to navigation

SETAHUN JADI PNS Juni 4, 2009

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

Pejabat teras
Akhir bulan Juni 2008 yang lalu Departemen Pertanian (Deptan) memanggil sejumlah 402 orang Calon PNS yang telah lolos seleksi penerimaan pegawai tahun 2007. Ya, saat itu tes masuk CPNS Deptan dilaksanakan pada bulan Nopember 2007, pengumuman kelulusan Desember 2007 dan pemberkasan Januari 2008.

Secara umum awal bulan Juli 2008 seluruh CPNS telah aktif bekerja di UPT Deptan di seluruh Indonesia, meskipun sebagian kecil –terutama CPNS yang penempatannya di kanpus Deptan Jakarta– setelah pengarahan dan penyerahan SK CPNS secara simbolis oleh Menteri Pertanian mereka langsung aktif bekerja.

Tidak terasa pada bulan Juni/Juli 2009 ini genap sudah 1 tahun kita bekerja sebagai PNS. Beberapa catatan penting mungkin bisa menambah semangat dan sebagai bahan renungan kita bersama.

Selama setahun bekerja sebagai PNS Deptan apa yang sudah kita dapatkan dari pemerintah? Sudah sejahterakah kita? Lalu jika pertanyaannya dibalik, apa yang sudah kita berikan untuk instansi tempat kita bekerja? Sudah puaskah masyarakat dengan pelayanan yang kita berikan, karena sesungguhnya PNS adalah pelayan (abdi) masyarakat. Jangan-jangan selama ini kita lah yang minta dilayani oleh masyarakat.

Pertanyaan yang lebih menggelitik lagi misalnya, selama setahun jadi PNS sudah berapa Laporan Perjalanan Dinas (LPD) fiktif yang kita tandatangani, padahal kita tahu bahwa kita tidak pernah melakukannya. Atau bisa juga nama kita sengaja dicantumkan oleh atasan agar uang perjalanan yang cair jumlahnya bisa lebih banyak, ketika cair mungkin kita hanya diberikan seperlimanya (dan kita pun tidak kuasa menolaknya).

Sudah berapa kali tugas yang diberikan oleh atasan yang semestinya bisa diselesaikan 1 hari tetapi karena terlalu asyik membuka YM dan FB akhirnya tugas tersebut baru dapat diselesaikan 2 hari.

Mumpung belum terlambat, mari perbaharui lagi niat kita yang dengan lantangnya kita suarakan sewaktu kita mengikuti Diklat Prajabatan. PNS sudah menjadi takdir hidup kita, maka sekali masuk, jadilah PNS sejati (emang ada gitu PNS sejati?).

Di kantor saya setiap hari senin pagi dilaksanakan apel dan diikuti oleh seluruh karyawan. Panca Prasetia KORPRI selalu dibacakan dan diikuti oleh seluruh peserta apel. Jika semua PNS mengamalkan butir-butir yang ada di dalamnya, niscaya menjadi PNS sejati jadi kenyataan.

Komentar»

1. wartiman - Juni 5, 2009

jum eta teh namina gacongan….. he.he..he…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: