jump to navigation

GAGALNYA PEMERINTAH MENYEHATKAN MASYARAKAT Mei 8, 2009

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

Senam Nusantara
Tahun 1984 kali pertama saya merasakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), waktu itu saya masih duduk di kelas 1 sekolah dasar. Tiap hari Selasa dan Sabtu seluruh murid dari kelas 1 hingga kelas 6 melaksanakan SKJ di lapangan sekolah diikuti oleh para guru. Kegiatan senam rutin ini berlangsung hingga saya duduk di kelas 6. Bahkan tidak jarang ada perlombaan senam tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Namun pemandangan seperti ini tidak lagi terlihat, sepertinya SKJ telah ditinggalkan masyarakat jauh-jauh. Mengapa? Ya karena saat ini sekolah-sekolah dari mulai tingkat SD hingga SLTA sudah tidak lagi mewajibkan para siswanya untuk melaksanakan senam secara rutin, alhasil tidak satu pun jenis senam yang dikuasai oleh para siswa.

Lalu siapa yang disalahkan? Kalau mau merunut ke belakang, di era tahun 80-an ada instruksi pemerintah yang mewajibkan setiap sekolah melaksanakan senam, baik itu Senam Pagi Indonesia (SPI) maupun SKJ. Namun sejak era reformasi sekarang ini, instruksi seperti itu tidak ada lagi. Sekolah boleh melasanakan senam boleh tidak, karena memang tidak ada kewajiban. Saat ini pun tidak lagi merilis jenis-jenis senam tertentu, kalau dulu ada SPI, SKJ 84, SKJ 88, dst. Kini masyarakat bingung harus menggunakan senam yang mana.

Saat ini hanya kantor atau instansi pemerintah saja yang masih melaksanakan senam secara rutin, itu pun bisa dihitung dengan jari, karena ada juga instansi pemerintah yang tidak melaksanakan dengan dalih tidak ada kewajiban. Lalu senam apa yg dipakai? Tidak jelas, karena instruktur senamnya pun belum tentu menguasai senam resmi yang dirilis oleh pemerintah, saat ini instruktur senam lebih banyak menggunakan musik dangdut atau disco untuk mengiringi gerakan-gerakan senamnya, dan kalau saya amati gerakannya pun tidak konsisten alias semaunya, yang penting gerak, yang penting keluar keringat.

Pemerintah seharusnya turun tangan dan ikut campur dalam urusan olahraga yang satu ini, kalau perlu dibuat peraturan atau instruksi presiden yang mewajibkan seluruh sekolah dari tingkat SD hingga SLTA dan instansi swasta maupun pemerintah melaksanakan senam rutin. Kementrian Pemuda dan Olahraga pun harus produktif merilis senam-senam baru yang selanjutnya disosialisasikan ke masyarakat. Kalau ada kemauan, bukan tidak mungkin kejayaan senam SPI dan SKJ di era tahun 80-an akan terulang lagi.

Komentar»

1. Arip - Mei 27, 2009

Di kantorku tiap jumat ada senam, dan tentu saja pake musik macem2 mulai dari poco2, disco dangdut, love song untuk pendinginan. Tapi aku jarang banget ikut karena males mandi lagi karna keringetan…😀

Hidup senaaam…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: