jump to navigation

PANASNYA KEMARAU KALIMANTAN Mei 7, 2009

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

Posko PRIMA TANI Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

Posko PRIMA TANI Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan


Setelah hampir satu tahun tinggal di Kalimantan Selatan, tepatnya di kota Banjarbaru, sedikit demi sedikit saya mulai mengenal cuaca di pulau ini. Dalam 2 bulan terakhir ini telah memasuki musim kemarau, hal ini ditandai dengan sudah semakin berkurangnya hari hujan. Padahal sebelumnya curah hujan di sini cukup tinggi, bahkan pertengahan bulan Desember 2008 yang lalu beberapa kota di Kalimantan Selatan terendam banjir, diantaranya Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjar dan kota Banjarmasin.

Kalau boleh dibandingkan, panasnya kota Jakarta masih lebih panas kota-kota di Kalimantan, mengapa? Ya… pulau Kalimantan berada di garis khatulistiwa sehingga sinar matahari tegak lurus menyinari pulau ini. Tahun 1995 pertama kali saya berkunjung ke kota Samarinda Kalimantan Timur, di sanalah pertama kali saya merasakan matahari Kalimantan. Kebetulan waktu itu sedang musim kemarau, beberapa jalan protokol disiram oleh mobil tangki agar suasana kota sedikit lebih sejuk.

Tiga belas tahun yang lalu saja sudah sedemikian panasnya kota-kota di Kalimantan, apalagi sekarang ketika hutan sudah banyak yang gundul, berita terakhir di televisi kota Samarinda sering banjir, padahal dulu tidak pernah kebanjiran.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: