jump to navigation

LABU KUNING IKON KALIMANTAN SELATAN Mei 7, 2009

Posted by adijaya in Uncategorized.
trackback

Labu kuning atau waluh bagi masyarakat Kalimantan Selatan merupakan makanan pokok yang digunakan sehari-hari dalam berbagai masakan. Mulai dari kue basah hingga digunakan untuk bahan sayur. Jika Anda pernah mampir di warung makan masakan khas Banjar, tentulan menu utama ikan haruwan/gabus dan patin disertai dengan sayur santan labu kuning atau sayur bening labu kuning akan dengan mudah Anda dapatkan. Labu kuning sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari suku Banjar, suku mayoritas di Kalimantan Selatan.

Musim panen raya labu kuning biasanya terjadi pada saat musim kemarau, semakin panjang musim kemarau, semakin melimpah hasil panen labu kuning. Kok bisa? Ya karena pada saat musim kemarau rawa-rawa yang sebelumnya terendam air akan kering, dan saat itulah petani menanaminya dengan berbagai jenis sayuran dari mulai cabe merah, labu kuning, terong hingga jenis kacang-kacangan. Oleh karenanya musim kemarau bagi masyarakat Kalimantan Selatan membawa berkah tersendiri.

Aneka kue basah atau dalam bahasa Banjar disebut waday juga banyak yang berbahan baku labu kuning. Mulai dari jenis pais hingga kue-kue sejenis puding.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: